lo pikir lo waras?

April 10, 2015 at 4:19 pm | Posted in katarsis | 2 Comments
Tags: ,
syria-yarmouk-ap305466698755

ini manusia, bukan cuma gambar.

lo pikir semua orang, hampir semua orang, atau paling tidak mayoritas orang, sinting di internet—kalo lo buka twiter, atau buka fesbuk, atau buka-buka situs ‘radikal’ seperti voa-islam, lo pikir: ini orang-orang kok pada sinting semua sih? khilafah lah, jokowi yahudi lah, syiah akan menguasai indonesia lah. dan lo akan buka path, liat foto anak temen lo yang lucunya bukan main, atau makan siang temenlo yang tinggal di luar negeri, dan lo akan kasih gambar hati, atau kasih satu dua komentar: oh, lucu banget! dan lo pikir dunia baik-baik saja, dan bahwa lo itu normal, lo bukan psikopat, lo bukan orang jahat—lo itu orang yang sangat normal. lo bukan anggota ISIS, lo juga bukan admin PKS Piyungan, lo bukan Jonru, lo bukan anggota DPRD Jakarta yang keabisan akal ngadepin ahok. lo, lo waras. lo itu cuma pekerja kantoran di jakarta yang punya gaji lumayan, pulang kantor kejebak macet di sudirman (keren gak sih bisa ngeluh macet di sudirman, bukan di pantura? emangnye lo supir treuk!), kalo malam makan di sabang, punya ipad, punya pacar, punya motor paling enggak dan lo juga gak bego-bego amat. lo bukan orang sinting di internet—lo bisa kasih komentar waras untuk semua kebodohan di internet; di kaskus, di 9gag, di reddit, di mana aja di internet. lo peduli sama orang palestina. malah, lo peduli sama orang israel—lo gak percaya konspirasi yahudi, lo gak percaya konspirasi-konspirasian. lo itu rasional, masuk akal, waras—dan lo itu bermoral, sangat bermoral. meski lo terbuka soal seks, dan hal-hal yang dianggap kotor tapi manusiawi, liberal, progresif dlsb. dan lo pengen minum kopi di kafe mana gitu, sambil bikin lelucon tentang FPI dan islam garis keras lainnya; atau lo pengen internetan aja sepanjang hari, liatin video kucing, atau video duo serigala, atau trio macan, atau lima penyamun, you name it. karena, karena—karena lo waras!

tapi lo bukan pemuda suriah yang keluarganya tak lagi ada karena kejamnya pemerintahan assad, kejamnya perang sektarian. tapi lo gak hidup pada 1965 dan dituduh sebagai komunis dan kehilangan martabat lo sebagai manusia. kita waras karena kita tidak peduli—kita tidak waras karena kita tidak perduli. kita hanya peduli setengah, hanya peduli ketika ISIS bikin onar, tapi diam ketika ribuan orang suriah mati dibabat, disiksa assad. kita hanya peduli ketika yang mati orang barat yang hidupnya kita puja, dan kita tak begitu peduli sama mahasiswa kristen yang dibunuh di afrika—hanya karena mereka orang afrika. dan lo gak salah—orang-orang palestina yang tinggal di yarmouk, mereka jauh lebih menderita dari mereka yang tinggal di gaza sekarang—tapi apa lo peduli? masalahnya bukan lo bisa apa, lo bisa bantu apa, tapi lo peduli apa enggak. ini pertanyaan penting, karena harusnya di sini ada batas kewarasan. karena gak ada logikanya—orang-orang pada ribut teroris merajalela di suriah, tapi tak satu pun negara yang mencegah assad membantai warganya sendiri; negara versus warga, seperti yang terjadi pada 1965 dulu, siapa yang peduli untuk mengadili mereka yang bertanggungjawab atas pembantaian itu. tapi, ah, mau gimana lagi—orang harus makan, harus bisa ketawa, harus bisa hidup. justru karena kita tidak perduli, kita bisa jadi waras. tapi orang waras mana yang bisa hidup leha-leha ketika ribuan orang kelaparan dan kehilangan nyawa begitu saja, tanpa ada orang yang kenan mengakhiri.

kampret lah dunia, kampret lah kita semua     

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kampretlah kau gen, kampret!

  2. permisi.. numpang liwat..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: