lontong aesop

March 27, 2015 at 6:34 pm | Posted in katarsis | Leave a comment
lontong1

lontong aesop

sudah sepekan lamanya saya mencoba bikin lontong dan gagal; sudah tidak terkira jerih dan payah yang saya curahkan untuk satu kantong plastik lontong yang baik dan benar, satu kantong plastik lontong yang tidak lembek dan seperti nasi atau bubur. saya tidak pernah melakukan ini sebelumnya; seperti saya tidak pernah pergi berjihad ke timur tengah dan mencium bau kasturi para syuhada. ah, kalian kata: apa susahnya sih bikin lontong? kau buka internet kau dapatkan semua instruksinya: siapkan beras, kantong plastik dan panaskan air. jangan lupa tusuk-tusuk plastiknya, isi beras sepertiga saja. rebus kurang lebih tiga jam. saya sudah melakukan semuanya, selaras dengan apa yang dititahkan internet—tapi yang saya dapatkan selalu bubur dalam kantong plastik, atau nasi yang terlalu basah dan kematengan. hingga saya pun membeli beras dalam kantong plastik yang judulnya boil in bag yang konon bisa jadi lontong kalo dimasak lebih dari dua jam; dan ternyata saya masih tidak mendapatkan lontong. sudah sepekan lamanya saya merasa dipecundangi lontong—bagaimana mungkin saya bisa selesaikan itu tugas kuliah yang menggunung, juga tesis yang akan segera tiba, atau hal-hal penting lainnya dalam hidup kalo bikin lontong aja, yang instruksinya di internet tidak bisa lebih jelas lagi, ada di youtube pula, saya tidak bisa?

dan entah bagaimana, dan betapapun saya sadar ini konyol, saya mulai mengembangkan rasa permusuhan yang irasional terhadap lontong, seperti saya ingin pada suatu hari yang gila berdebat sama semua orang yang bisa bikin lontong kalo saya benci lontong, dan bahwasanya semua orang harus tahu, harus sadar bahwa lontong itu tidak enak—racun!

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

