Mantan Admin PKS Piyungan Tercerahkan, Gagas Rekonsiliasi Akbar Antara Felix Siauw, Jonru dan Kontributor Mojok.co, Indoprogress

February 28, 2015 at 4:00 pm | Posted in katarsis, satir | Leave a comment
Tags: ,

The idea of building any forms of reconciliation with avid readers of JakartaBeat remains unthinkable, I would say. We can tolerate the liberals who mock us relentlessly and indefatigably on Twitter and Facebook. But not those hipsters. They can go to hell. Insha Allah.

Abu Jandal, mantan admin PKS Piyungan

13630413191274023628

bukan garis lembut

Salah seorang admin akun Twitter Islam garis keras yang berafiliasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), @pkspiyungan, mengaku tercerahkan setelah membaca artikel-artikel yang lucu, pintar dan menggelitik di Mojok.co.

Abu Jandal, bukan nama asli alias nom de guerre dari admin @pkspiyungan yang sudah tercerahkan itu, mengatakan melalui wawancara Skype dengan Beritadua.com bahwa setelah menganalisa secara mendalam argumentasi yang ditawarkan kontributor Mojok.co dalam berbagai isu terkait Islam, kebebasan berpendapat dan isu remeh-temeh lainnya, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa selama ini pihaknya berada di jalan yang salah.

“Saya gak bilang kami ini sesat, atau kami salah. Hanya saja, harus kami akui bahwa selama ini cara-cara kami dalam berdakwah sudah menyimpang dari manhaj yang benar,” katanya.

Abu mengklaim bahwa dia tidak sendirian, bahwa ada beberapa orang lagi dalam struktur PKS Piyungan yang mulai meragukan manhaj yang digunakan mereka selama ini. “Mereka membaca semua tulisan kritis dan bahkan tulisan satir di Mojok.co dengan seksama. Mereka pikir artikel-artikel yang dituliskan kelompok itu sangat cerdas dan masuk akal. Tapi mereka pikir sudah terlanjur basah. Malu kalo mengaku salah. Mau ditaro mana muka, ya kan?”

Buli terhadap Putri Indonesia Anindya Kusuma Putri terkait pamer baju PKI, misalnya, Abu bilang itu keterlaluan, sangat seksis dan tidak bertanggungjawab. “Anindya itu bodoh aja itu. Gak ngerti dia. Gak perlu dibuli segitunya.”

Abu berharap dia bisa meyakinkan ikhwah di PKS Piyungan untuk mengikuti jejaknya dan mewujudkan rekonsiliasi akbar antara kelompok Islam garis keras dan liberal di Internet.

“Aku yakin. Demi Allah. Kita lebih punya banyak kesamaan daripada perbedaan. Kita sama-sama narsis. Sama-sama suka pilih-pilih ayat al-Qur’an. Sama-sama merasa pintar dan benar sendiri. Sama-sama suka ngutip penulis-penulis terkenal biar tampak otoritatif, tanpa ada konteks. Kita sama-sama suka mengaitkan isu kecil dengan isu besar yang sebetulnya sama sekali tidak berkaitan. Kita bahkan sebetulnya suka bikin joke jomblo juga buat ikhwan yang belum kawin! Hahahaha. You see. We have a lot in common!” katanya.

Abu, yang fasih berbahasa Inggris dan pernah menimba ilmu di Amerika Serikat, berharap bahwa rekonsiliasi akbar antara tokoh-tokoh Islam garis keras di Twitter seperti Felix Siauw dan Jonru Ginting dengan kontributor media liberal seperti Mojok.co and bahkan IndoProgress bisa segera terealisasi. “Saya sangat yakin bahwa itu akan segera terwujud.”

Ditanya apakah ada kemungkinan pembaca Jakarta Beat, yang dikenal sebagai liberal dan dekat dengan kedua situs yang disebutnya, juga akan dilibatkan dalam proses rekonsiliasi tersebut, Abu mengaku hal itu sulit untuk dilakukan.

Dengan nada bicara agak tertahan, Abu bilang dalam bahasa Inggris: “The idea of building any forms of reconciliation with avid readers of JakartaBeat remains unthinkable, I would say. We can tolerate the liberals who mock us relentlessly and indefatigably on Twitter and Facebook. But not those hipsters. They can go to hell. Insha Allah.”

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: