Merdeka!

January 24, 2015 at 2:36 pm | Posted in iseng | 2 Comments
Tags: , ,

Deklarasi Hak Pengguna Internet Kasual
(Yang Tidak Terlalu Kasual Dalam Menanggapi Gejala Medsos)

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk bebas dari sarkasme setengah matang kelas menengah Internet yang baru kenal politik; dan bila punya waktu, dan bila dirasa sangat-sangat perlu, diperkenankan untuk menulis postingan blog sedikit-dikitnya 500 kata untuk sekadar marah-marah soal perilaku ngehe kelas menengah Internet yang dimaksud itu tanpa harus hirau pada kritikan orang lain di Internet bahwa dia juga sama aja ngehenya; kalau bukan jauh lebih ngehe.

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk tidak melibatkan diri dalam semua debat politik yang tidak berfaedah di media sosial dan malah berbagi berita tentang perkembangan industri boneka seks dari Jepang atau tentang vokalis Slam yang konon dipaksa beryanyi sambil diborgol tanpa harus dianggap sebagai tidak peduli nasib bangsa meskipun pada kenyataan emang enggak.

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk bebas dari semua joke mantan, jomblo, prenjon dan semua spak-spik nang-neng-nang-neng—dan, bila memang dirasa sangat-sangat perlu, dan tidak ada kerjaan lain, dan masih beragama, tidak boleh dilarang untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk menurunkan azabnya yang paling pedih oleh sebab perilaku yang sangat dekaden itu.

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk dan tidak layak disinisin karena sering-sering mengeluh dan bermuram durja di Internet padahal hidupnya sebetulnya gak susah-susah amat; karena mengeluh adalah hak paling mendasar setiap orang dan karena—screw you shiny happy people!

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk bebas dari kolase foto-foto orang Indonesia lagi jalan-jalan di luar negeri; dan, bila dirasa sangat-sangat perlu, dan emang sirik, tidak boleh dilarang untuk mengajukan gugatan hukum terhadap pengunggah foto-foto dan pemilik muka-muka seneng di jalan-jalan apik negara maju itu karena sudah bikin hidupnya lebih miserable dari yang sebetulnya.

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk menulis komentar “ya elah bro” dalam konteks apapun untuk mengungkapkan kejengkelan tak terkira pada yang terasa basi dan tolol di Internet. Di lain pihak, komentar-komentar seperti ‘belajar lagi deh’ atau ‘saya sih senyum-senyum aja’ itu off-limits dan harus diklasifikasikan sebagai kejahatan medsos kelas satu dengan hukuman dera setidak-tidaknya 100 kali cambuk atau sampai pelaku sadar akan kepongahannya yang tidak perlu itu—mana saja yang duluan. Kalo belum tobat juga, pelaku sebaiknya dikebiri.

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk diam-diam merasa lebih hebat dari semua komentar tolol di bawah video Youtube dan mengambil kesenangan dari ketololan orang lain yang dieksibisikan secara gratis di situs berbagi video itu—dengan catatan hak ini berlaku selama dia tidak ikut komentar dan hanya menjadi penonton. Karena secerdas-cerdasnya komentar—kalo sudah di Youtube kesannya jadi goblok dan layak dihadiahi tanggapan ‘ya elah bro’.

  • Setiap pengguna Internet kasual (terutama pengguna WordPress) berhak untuk menolak kenyataan bahwa bloger di tumblr dan blogspot lebih keren, intelek dan nyeni, atau bahwa Kompasiana punya pengaruh politik—dan diam-diam berharap bisa trendi di tumblr dan berpengaruh seperti bloger Kompasiana.

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk diam-diam menghakimi rekan-rekan luring-nya di Fesbuk dan memvonis mereka sebagai berpikiran sempit, norak, fanatik, norak, bodoh, norak, sombong, ‘apaan sih’, norak, norak, norak, sangat norak, agak norak atau norak level ‘ya ampun norak banget!’—dengan catatan penghakiman ini hanya dipraktikkan dalam hati atau diutarakan dalam akun fesbuk kloningan tanpa menyebut nama. Lebih dari itu, you’re an asshole.

  • Setiap pengguna Internet kasual berhak untuk bikin postingan blog gak jelas tanpa harus dianggap kurang kerjaan meskipun pada kenyataannya dia emang gak ada kerjaan dan seharian belum mandi. Karena Internet sodara! Internet!

Gentole a.k.a Ali Sastro, Penghuni Gratisan WordPress Sejak 2008

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ya elah bro.
    Teks ini, dalam format pdf dan di-typeset menggunakan LaTeX, hanya karena: https://dl.dropboxusercontent.com/u/22934339/deklarasi.pdf

  2. ^ :)) Terima kasih!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: