7147

September 28, 2014 at 2:25 pm | Posted in gak jelas, iseng, katarsis | Leave a comment
Tags:

waktu pulang kuliah kemarin aku lihat senja sedang menulis sajak duka di jalan setapak menuju kota kecil di bilangan jakarta selatan yang riuh oleh penari telanjang yang sedang belajar membaca kitabpohon gundul. aku juga lihat politik dan masa lalu sedang bertanya pada gadis kecil berkepang dua tentang masa depan, seolah pada malam sebelumnya mereka tidak tidur berdua dan bercinta dengan hebatnya sampai pagi! padahal, matahari tidak pernah menangis sesedu itu, dan halaman pertama dari buku pelajaran matematika yang tertinggal di meja kelas dulu pun tak bisa membuatnya riang kembali. oh, aku yakin selama ini esok dan rasa takut adalah dua teman yang berkonspirasi untuk memproduksi mimpi buruk secara masal. mereka punya mesin yang dibuat khusus oleh sebuah perusahaan canggih dari jepang untuk memenggal setiap mimpi indah dari masa kanak secara lebih efektif. aku yakin agama dan iman pun terlibat dalam konspirasi ini. suatu hari aku lihat mereka sedang ngopi di sebuah warung kopi yang gedungnya terbuat dari airmata anak-anak kecil di kota gaza dan aleppo. mereka tertawa begitu riang—seperti malam tidak pernah mengajarkan burung-burung pemakan bangkai di afrika untuk bersabar bila kematian datang dan kehidupan menampakkan wujudnya yang paling nyata. aku hanya bisa menutup mata ketika kengerian datang menghampiriku sambil membawa map glossy berwarna toska. dia bertanya apakah aku punya asuransi dan pernah berpikir untuk membeli properti di lapisan neraka paling bawah. bangsat.   

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

