antimorrissey

September 17, 2014 at 5:49 pm | Posted in musik | 9 Comments
Tags: ,

meThe+Sundays+-+Reading+Writing+&+Arithmetic+-+LP+PICTURE+DISC-10865mbaca, menulis & aritmatika. saya tidak punya pilihan; saya akan mendewakan band abege 90an itu dan album debut mereka. saya akan mengangkat derajatnya jauh lebih tinggi dari band yang kata orang sudah mereka jiplak ruhnya: the smiths. salah satu masalah kecil dalam hidup saya kini adalah, saya tidak bisa memutuskan mana yang lebih saya benci setengah mati: morrisey, atau para pengagumnya di seluruh dunia, apalagi di indonesia. cis. tidak habis pikir memang, bagaimana saya dulu memuja the smiths, dan mengagungkan hampir semua karya mereka. dan kini, setiap kali saya liat morrissey, yang tinggal hanya gondok yang meluap-luap tidak terkendali. ini sudah tak masuk akal memang. tapi saya benci gaya rambutnya, dan saya lebih benci lagi bagaimana gaya rambut itu sekarang seperti jadi tren, seperti mewakili the smugness of this new internet generation who think they are better than anybody else for liking morrissey, for being his fucking cheap imitations. i fucking hate that hairstyle, and those big glasses. ya tuhaan. jadi, saya merasa dikhianati; saya pikir morrisey adalah suara orang biasa, the fanfare for the common man!, suara orang terbuang. tapi ternyata bukan, dia bagian dari elit kampret. ya, ya, saya tahu kalo saya korban pikiran saya sendiri, entah morrisey maunya apa, dan apa urusannya juga sama saya. kalo dia ngerti bahasa indonesia dia bakal menertawakan saya sampai mati, atau mungkin sekedar berteriak ‘wtf!‘. but still, males banget sama itu orang dan akhirnya berimbas ke bagaimana saya mendengar lagu-lagunya the smiths.  jadi, ya, the sundays—band yang boleh jadi adalah jiplakan yang lebih inferior dari the smiths. pada awalnya, saya memang menyukai band ini out of spite buat morrissey. tapi setelah beberapa hari mendaras beberapa album mereka dan melupakan sejenak lagu summertime yang pernah saya dengar pada masa-masa ketika saya berpikir bahwa the sundays adalah band cewek yang hanya layak didengerin anak cewek, saya merasakan afinitas itu, kesukaan yang memang agak sulit dijelaskan. setidaknya pada saat ini, saya hanya bisa bilang kalo saya merasa lebih dekat sama album ini, album reading, writing & arithmetic. peduli setan dengan lirik galau murahan a la abege patah hatinya, saya tersihir oleh vokalnya mbak harriet yang entah bagaimana mengingatkan saya pada anak-anak kuliahan di bandung pada tahun 90-an yang tidak pernah saya temui, saya merasa nyaman dengan keratahan kocokan gitar mas david gavurin yang enak sekali didengar, biarpun tak serancak permainan johnny marr yang lebih gurih dan lebih terdengar akrobatik. saya tidak tahu persis apa yang ingin dikatakan mbak harriet dalam lagu here’s where the story ends, tapi ada yang familiar dengan apa yang dia katakan, it’s that little souvenir, of a colorful year, which makes me smile inside, so i cynically, cynically say, the world is that way, surprise, surprise, surprise, surprise, surprise. saya benci morrissey, the smiths, lebih dari U2 dan radiohead dan selebtwit.

9 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wehh, bgs2 yah lagunya, khas 90an, sederhana, tapi manis….

  2. eh si mbaknya masih kemari toh. :)) iya the sundays emang enak didengerin. sangat 90an walaupun sempat disebut sebagai penutup 80an.

  3. btw, saya nemu band khas 80an, Galaxie 500, kurekomendaskan denger yang judulnya Tugboat dululah sebagai perkenalan

  4. baiklah. sedang butuh lagu. terima kasih!

  5. wah enak banget! sayang ndak di spotify😐

  6. ups salah eja. ternyata ada. thanks. :))

  7. sama2, sekarang saya juga lumayan sering dengar MIMI FARINA, adek kandung Joan Baez, so pasti bisa ketebak genre musiknya.

  8. oh yah, plg suka yg IN THE QUIET MORNING, konon diciptakan untuk Janis Joplin.

  9. ah ini juga lumayan buat ganti trek bread


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: