the vaselines

January 14, 2014 at 5:01 am | Posted in katarsis | Leave a comment

lagu ini dulu saya dengar lewat nirvana; waktu abg dulu, suara cobain begitu menghantui. bukan karena serak atau gimana, tapi karena intronya, karena liriknya bikin saya berpikir kalo ini lagu gereja. dulu saya pikir, ini adalah lagu puja untuk yesus, sebuah lagu kristen. saya tidak 100 persen meleset, tapi tetep salah. yang betul adalah, lagu ini adalah parodi, kalo bisa disebut begitu, dari lagu gereja (warning: itu bonekanya scary as fuck). lagu ini, yang ditulis oleh the vaselines, kalo saya dengar lagi memang terdengar seperti lagu orang marah sama tuhan, sama agama, keyakinan yang dilembagakan. hingga kini masih ada perasaan dihantui itu. tapi kali ini lebih intense; karena saya punya tafsir juga perasaan yang lain atas lagu tersebut. lagu ini boleh jadi adalah lagu keputusasaan dalam beragama; lagu ini boleh jadi adalah kritik atas kekristenan, atau, lebih jauh, antikristus. apapun, lagu ini tetep relijius buat saya. begitu mudah lagu ini dinyanyikan pake gitar, seperti sebuah liturgi yang diulang-ulang: don’t expect me to lie, don’t expect me to cry, don’t expect me to die for thee. susah juga mengutarakannya, bahwa lagu yang dituliskan oleh the vaselines terasa begitu sentimentil, seperti anak remaja perempuan yang ngambek sama Tuhan, sama bapaknya, sama pacarnya, sama dunia yang bisu dan tidak peduli. dalam beberapa bait saja lagu ini bisa bikin porak poranda pondasi kekristenan dan iman kembali menjadi urusan masing-masing, personal, emosional dan, mungkin, tebal dan juga dalam.   

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

