menelan ludah

January 1, 2014 at 4:40 pm | Posted in apresiasi, katarsis, musik | Leave a comment
Tags: , ,

kali pertama dengar lagu ‘debu-debu berterbangan’ oleh ERK saya mencibir: ini ERK mau apa toh, potong-potong ayat al-qur’an; biar dikira nyeni? tapi ini kok kesannya amatiran betul, kentara betul show-off-nya; juz amma lah dibawa-bawa. blah! saya akui, saya punya prasangka (semua berhala music snob harus diruntuhkan, didemistifikasikan!) yang entah gimana bikin hampir segala hal ERK jelek di mata saya. makanya, saya iseng dengar Pandai Besi, yang adalah ERK, tapi dengan nama lain, dan hasilnya: saya bengong. saya lupa kapan terakhir saya merasa begitu; merasa terusik oleh sebuah intro lagu, intro lagu yang saya yakin akan bawa saya ke sebuah pengalaman mendengarkan lagu yang sama sekali lain; ada romantika, melankoli, pengharapan, luka batin, segala perasaan yang entah gimana bikin lirik lagu ‘debu-debu berterbangan’ yang tadinya terdengar seperti sajak amatir anak kuliahan berubah jadi larik-larik mistik; larik-larik yang dibacakan keras-keras untuk menghantui mereka yang setiap malam dicekam oleh sepi. lalu saya dengar lagu ‘hujan jangan marah’, juga oleh Pandai Besi, dan kembali terpesona. saya ingat dulu saya dengar ini lagu waktu dirilis bersama album penanggulangan bencana. kenapa lagu ini jadi lain? apa emang semua tergantung eksekusi? itu apa karena aransemennya lain, lebih ‘serius’, dengan beking vokal perempuan yang mengingatkan saya pada Reda, juga suara Cholil yang entah kenapa juga jadi lain. lalu saya pikir: who am i kidding? ini lagu yang bagus! dan karena saya sudah mengungkapkan kejengkelan saya sama ERK, saya pikir saya ada hutang untuk mengungkapkan juga rasa kagum saya buat mereka sebagai Pandai Besi. karya anda luar biasa. terima kasih!

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

