(bukan) hidayah

July 24, 2013 at 7:15 pm | Posted in berbagi, katarsis | 3 Comments
Tags: ,
columban-22-God-created-heaven-and-earthis13256126

hanya sebuah ikon

kawannya bilang dia tidak dilahirkan islam. dia masuk islam karena dia dimimpiin tiga kali oleh kyai putih bersorban. dia bilang: “kyainya nyuruh dia solat.” kawannya bilang dia anak pendeta. dia orang batak, abangnya masih seorang kristen. tapi dia islam kini. kemarin saya harus bilang saya kaget lihat dia duduk di depan musola dan buka sepatu. abis itu dia ambil wudu, dan dia pun solat. aksennya, mukanya, semuanya masih sangat batak dan kristen. betapa kesan saya tentang dia udah salah betul. dia tidak banyak bicara. mungkin baginya agama adalah urusan pribadi, tak perduli apa kata orang. betapa dia terlihat nyaman dengan pilihannya. tidak penting agama mana yang benar, dan agama mana yang salah. pada akhirnya agama adalah memang betul-betul urusan pribadi, antara kau dan dirimu sendiri, antara kau dan tuhanmu sendiri. tanpa gereja, tanpa mesjid, tanpa toa.

Advertisements

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Sudah sering dinilai orang lewat tampang. Dulu di Indonesia, entah berapa kali diliatin orang dgn aneh di masjid kalau sholat. Kadang ada yang nanya, “mualaf ya koh?”
    Bahkan tinggal di Jepang juga pernah ditanya orang Mesir setelah habis jum’atan, “orang Jepang? China? Korea? sejak kapan masuk Islam?”
    Untung gak kutanya balik misalnya dgn, “Kamu koptik ya? Atau nyembah Firaun?”

    Emangnya orang mata sipit harus non muslim? Semua orang punya hidayahnya masing2, bahkan buat orang yang lahir di keluarga muslim.

  2. saya juga matanya sipit. 🙂

  3. ‘Tidak penting agama mana yang benar, dan agama mana yang salah” . jaga mulutmu nak….! Kelak bila agama itu benar jalannya, kamu tidak di anggap benar karna ungkapanmu itu. Bila ada yang benar mesti ada yang salah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: