perasaan saya tentang hujan senin pagi, bulan juni dan lagu tom waits yang berjudul ‘i hope that i don’t fall in love with you’

June 17, 2013 at 7:28 am | Posted in berbagi | 1 Comment
Tags:

hujan adalah biang melankoli, seperti lagu sedih dan hati yang patah; pagi ini, pada hari senin di bulan juni, hujan turun begitu saja di luar rumah saya, pas ketika saya semestinya kerja dan malah tinggal di rumah untuk beristirahat, untuk tidak ngapa-ngapain. hujan ini dengan mudahnya bikin saya melankolik dan romantik. itu kali sebab saya merasa tidak bisa tidak terpesona dengan berbagai imaji, dengan berbagai perasaan yang timbul dari sajak sederhana yang ditulis oleh musisi pujangga tom waits, sebuah lagu balada middle of the road yang bisa didengar semua orang: anak abg, oma opa, semuanya. satu hal yang saya pikir paling indah dari lagu ini adalah bagaimana tom bercerita tentang kesepian, cinta, kesementaraan, ke-hidupcumasekali-an, dan entah apa lagi dari hidup yang aneh ini dalam satu momen sederhana, momen yang pastinya belum pernah saya alami tapi entah terasa begitu familiar seolah pernah saya alami sebelumnya. dalam lagu ini, tom waits, sang narator, adalah seorang yang merasa sepi dengan dirinya sendiri dalam sebuah bar. saya bayangkan saya lagi ada di sana, duduk sendiri saja. lalu tiba-tiba ada seorang gadis masuk, dan seketika saja saya merasa romantik, dan berbicara sendiri, menduga-duga apakah si gadis itu juga merasa sepi, dan apakah dia mau berbagi meja dengan saya, apakah dia bakal jatuh hati pada saya, seperti saya merasa saya jatuh hati padanya, dlsb. menurut saya ini bukan tentang cinta pada pandangan pertama. ini cerita tentang manusia dan kesadaran bahwa perasaan itu tidak selalu bisa dipercaya, bahwa perasaan itu bisa muncul dari romantisme yang sama sekali tidak beralasan, yang sama sekali tidak masuk akal (seperti, misalnya, hujan yang tiba-tiba turun di luar rumah saya pada senin pagi di bulan juni). itu sebabnya lagu ini diberi judul: i hope that i don’t fall in love with you. karena biar bagaimana pun, akhirnya si tom ini jatuh hati juga pada gadis itu, gadis yang adalah orang asing, orang yang tidak dikenalnya, orang yang kebetulan hadir dalam romantismenya, dalam bayangan dia tentang bagaimana rasanya ‘jatuh hati’. dan tentunya, tidak ada yang lebih romantik dari jatuh hati pada orang asing, orang asing yang juga merasa hidup itu sepi.

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Perasaan itu pembohong, Kadang perasaan semacam ke ge’eran. sering kali ABG- ABG merasa jatuh hati, tatkala mendapat senyuman dari James Bond.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: