beberapa hal dari beberapa video klip dewa 19 dan ahmad band yang mau saya tunjukkan pada anda tanpa alasan yang jelas

May 21, 2013 at 12:34 am | Posted in iseng | 5 Comments
Tags: ,

bidadari yang sebelah kanan

itu dua bidadari yang meliuk-liuk tak jelas di sebelah ahmad dhani apakah orang yang sama? saya pikir yang kanan lebih cantik dari yang kiri. saya bilang cantik karena itu kosakata yang lebih dikenali. sebetulnya, menurut saya, entah karena lagunya entah karena efek ambience videonya, perempuan yang sebelah kanan itu dewi banget, cantik indonesia, atau lebih tepatnya, cantik jawa yang familiar tapi eksotis. itu dia apa orang lingkaran dhani atau emang model antah berantah saja? dia model tahun 1990-an yang mengoyak khayalan saya waktu masih berusia belasan dulu. kalo dia masih hidup dia mungkin sudah berusia 30 atau 40-an. dia mungkin sudah punya anak, dan tidak ada seorang pun yang ingat dia pernah jadi model video klip ‘bidadari kesunyian’. kecuali saya, tapi saya tidak tahu namanya siapa. saya hanya akan mengenalnya sebagai bidadari yang sebelah kanan.🙂

‘stalker’ paling buruk sedunia

video klip ini biasa saja sebetulnya, sangat ketebak sekali plot atau akhirnya gimana, seperti yang dinarasikan oleh lagu ‘save me’ ala ahmad dhani itu. tapi saya baru sadar kalo yang mencolok itu bukan narasinya, bukan kenapa cowo ini, udah gondrong dan ganteng, akhirnya harus hidup dalam ‘friendzone’ yang begitu dalam karena cintanya bertepuk sebelah tangan, tapi bagaimana di video ini dia orang digambarkan sebagai seorang stalker yang menyedihkan. ketika dia menatap itu cewe dan cowonya dari jauh itu: sangatlah menyedihkan. pathetic abis. apa dia gak bisa bersendiri di kamar yang remang-remang saja, dan kemudian mengoleksi foto cewe itu di dinding kamarnya, lalu dicoret-coret dengan darahnya sendiri? mungkin itu tidak terlalu menyedihkan. mungkin, itu kan kata saya, gak tau menurut sodara-sodara korban ‘friendzone’ sekalian.

ada kaka lagi mabok di klip ini

ini  supergrup indonesia. dewa dan slank dan netral jadi satu—band papan atas (halah) pada dekade itu. lagu ini ditulis menjelang atau setelah reformasi saya gak ngerti betul. tapi yang jelas ia menggambarkan situasi politik pada saat itu, sekaligus kondisi dua band besar kala itu juga: dewa dan slank. kedua band itu lagi berurusan dengan narkoba. ari lasso dan erwin prasetya di dewa 19 dan kaka serta bimbim di slank; mereka semua pada waktu itu pecandu narkoba. nah, lagu ini, yang refnya ‘yang muda mabok, yang tua korup’, ditulis sebagai kritik sosial sekaligus kritik sejawat mereka. yang menarik dalam video ini ada orang dengan rmabut gimbal teler di tengah keramaian. gimbal—kaka slank.  

jakarta tidak pernah seindah ini

udah sepuluh tahun saya tinggal di jakarta raya dan jakarta tidak pernah seindah yang divisualisasikan dalam video klip ini. itu warna yang menjadi tema video klip ini pasti ada namanya. dan teknik membuat video klip dengan nuansa semacam itu juga pasti ada namanya. ada yang tau? saya udah sering ke daerah kota, kalo emang di video dibuat di daerah kota, dan daerah itu gak pernah tampak seromantik itu. mungkin karena jakarta (atau semua kota?) memang hanya tampak indah di sore dan malam hari. atau mungkin yang bikin video klip ini emang berbakat. atau saya aja mungkin yang seleranya pas-pasan. menurut anda gimana? adakah kesan tertentu dari video klip ini?

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Model vidklip Bidadari di Kesunyian: kakak beradik Callista Argentina dan Fiore Crislia, pemenang 2 dan finalis GADIS Sampul 1997. Tapi, saya nggak ‘ngeh’ siapa bidadari yg di sebelah kanan…

  2. wah ternyata kembar ya. tapi yang mana yang mana gak tau.😛

  3. Untuk klip terakhir, semoga bisa membantu:
    http://www.cracked.com/article_18664_5-annoying-trends-that-make-every-movie-look-same.html

  4. males bacanya😛

  5. klip yang no 2 itu nasib si cowok bener-bener menyedihkan. huffffttt


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

