Balada Pria Tak Gila Bola

March 16, 2013 at 11:36 pm | Posted in iseng, katarsis | 7 Comments
Tags: , ,

images

Saya beneran kagak tau apa yang terjadi dengan dunia sepakbola saat ini. Saya sudah melewati terlalu banyak peristiwa penting di jagad persepakbolaan sehingga saya benar-benar merasa asing setiap kali orang ngomongin bola. Yang saya tahu Mancini itu pemain bola, bukan pelatih. Tapi dia sekarang saya baca di koran-koran adalah pelatih, beradu mulut sama Baloteli (Bolateli?) Di klub mana Mancini saya enggak tahu. Saya bisa aja sih Google sebentaran tapi saya males, karena saya memang kagak tertarik lagi dengan sepak bola. Dan seharusnya tidak apa-apa kalo saya tidak suka bola. Saya juga tidak suka duren. Atau situs keren tentang yang keren-keren. Tapi tidak. Tidak punya kesukaan pada sepakbola adalah masalah. Kenapa? Karena semua orang suka bola, karena semua orang gila bola. Karena kalo kamu buka Fesbuk maka akan selalu ada status bola, status tentang apa yang terjadi dengan tim yang sudah berkali-kali kalah atau tim yang sudah berkali-kali menang. Kadang di status itu orang saling meledek, kadang malah berdiskusi dengan sengitnya. Dan saya sama sekali tidak tahu apa yang terjadi. Harusnya sih tidak apa kalo status bolanya cuma sesekali dan tidak terlalu banyak. Masalahnya, status bola itu reguler sekali. 😐 Tapi ya tentu Fesbuk bisa dilupakan, ditutup sebentaran atau apalah. Ini bukan masalah besar. Masalah yang sedikit lebih besar adalah bila kita terjebak dalam sebuah situasi canggung dengan seorang asing atau setengah kenal, ketika ngomongin bola adalah satu-satunya solusi. Ini susah. Saya sama sekali enggak bisa nyambung ngomongin bola. Sama sekali enggak apdet. Kan gak lucu kalo saya bilang saya dulu suka tim Swedia karena ada Tomas Brolin, Kenet Anderson dan Larson. Atau Stoichkov dari Bulgaria. Itu Piala Dunia 1994 ya allah ya robi! Harusnya sih gapapa. Tapi kok malu juga ya gak apdet bola. Karena kayaknya semua orang, tidak lelaki tidak perempuan, semua nonton bola, semua peduli Messi kenapa atau Ronaldo kenapa (iya saya nyebut dua nama itu karena saya enggak inget nama lainnya, kecuali Baloteli atau Bolateli itu, mungkin). Tapi ya apa boleh buat. Kalo dalam situasi canggung ngomongin cuaca lagi aja. Setidaknya bisa memecah kesunyian barang sedetik dua detik. Kan susah kalo mau maksain diskusi soal bola juga. Sebenernya bisa aja sih saya ngomong politik, soal korupsi atau masalah Jakarta, dlsb. Tapi kan males juga. Pengennya sih ngobrolin psikoanalisa tapi ya susah. Sudahlah. Pelototin ponsel saja. Selesai masalah. Nah, masalahnya adalah ada masalah yang lebih besar dari itu, yakni punya mertua yang adalah juga satu dari jutaan lelaki di dunia ini yang gila bola. Mertua saya anaknya perempuan semua. Dan seumur hidupnya jadi satu-satunya lelaki di rumah. Lalu ada saya. Dan saya beneran butek bin burem soal tim mana yang bakalan bertanding di televisi yang mana pada jam berapa hari apa. Kalo ditanya, ya: heh? Dan saya lebih burem lagi kalo mertua saya mulai nyebut nama-nama yang saya beneran kagak tau siapa, nama-nama pemain yang baru saja kenapa dan mau apa. Kadang saya pura-pura ngerti aja, atau pura-pura antusias. Tapi itu agak merepotkan. Kadang saya pasang muka kagak ngerti aja sekalian. Tapi ya namanya juga orang nonton bola. Ya mana peduli saya ngasih muka apa. Ya sudahlah. Iyain aja. Nasib.

Advertisements

7 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ya gak suka bola itu gak sama levelnya dengan gak suka duren, sebab sudah mendekati status basa-basi standar selain cuaca. Bedanya membicarakan bola gak secanggung cuaca, dan gak semembosankan. Kalau ada orang yang gak akrab dan cuaca belakangan biasa-biasa saja toh akhirnya ngomongin bola. Ada lah itu manfaatnya. Gak ngerti bola ya susah. Jadi, kembalilah ke jalan yang benar…

  2. Sama canggungnya. Dan sama membosankannya sih. πŸ˜›

  3. Iya, aku kadang ikutan ngeramein aja. Padahal gak ada yang hapal nama pemain sepak bola dari klub mana saja, berapa gaji mereka, berapa biaya transfer pemain A ke club B.
    Kadang agak ribet juga, gak hobi bola sok ikutan ngomongin bola.

  4. @mas iwan: nah itu mas, persis!

  5. 94? mana roberto bagyo-nya? πŸ‘Ώ

  6. Gak ngefans sama dia. Diving melulu. πŸ˜›

  7. Kartu merah….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: