Google Sang Pujangga

November 23, 2012 at 10:44 pm | Posted in iseng | 6 Comments
Tags: , ,

Google punya bakat jadi penyair. Coba ketik ‘sebuah ke’ pada mesin pencari itu dan, apabila tabiat pencarian orang belum berubah, Anda akan mendapatkan sajak sempat baris yang memancarkan kebijaksanaan dan kengerian: sebuah kehidupan/sebuah kenyataan/sebuah keinsafan/sebuah kematian. Atau kalau Anda menulis ‘dengan a’  maka Google akan meneruskannya begini: dengan atau tanpamu/dengan atau tanpamu jimmy/dengan apakah seorang muda mempertahankan/dengan allah lakukan yang besar. Saya tidak tahu persis bagaimana Google bekerja sebenernya. Bagaimana tepatnya cara mesin cari itu memberi saran atas apa yang ingin kita cari. Kadang berguna, kadang sok tau, kadang cuma konyol aja. Katanya, Google memberi saran berdasarkan frase atau topik atau kata yang paling sering dicari orang lain. Dengan kata lain, Google adalah bapak besar, seperti Tuhan, yang tahu betul apa sebenernya maunya manusia, maunya orang-orang—hasrat terpendam mereka, ketakutan terdalam mereka. Google tahu apa yang kita sembunyikan, sesuatu yang tidak pernah kita tanyakan kepada teman dekat sekalipun. Google adalah teman curhat jutaan orang di dunia. Karena alasan itu, saya menduga harusnya ada sajak-sajak yang bisa bercerita banyak tentang manusia dan kemanusiaan di kolom pencari yang kita temui hampir setiap hari itu. Mungkin Anda mau coba? Tolong bagi di sini kalo boleh.

6 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kata Google tentang kata ‘cari’
    .
    cari
    cari jodoh
    cari pacar
    cari uang
    cari kerja
    .
    Pengamatan yang sangat jeli. 🙂

  2. Hasil percobaan saya…
     
    aku benci
    aku benci suamiku
    aku benci kau
    aku benci dia
     
    cintamu
    cintamu sepahit topi miring
    cintamu mekar di hati chord
     
     
    Kenapa saya jadi terbayang istri sopir truk… :|a

  3. Hahaha well Google is in fact a machine, not a poet. :mrgreen:

  4. Bantu aku. bantu aku. bantu aku mencari kata kunciku .
    Karna alasan itu, saya menduga malas bergaul di kerumunan orang banyak, berpikir sombong yang keren. lalu, berguru dengan Mas google.

  5. ya sudah didownload itu racter. aneh hahahaha


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

