Lima Lagu Paling Nostaljik dari Dekade 90-an

July 27, 2012 at 2:11 am | Posted in berbagi, iseng | 22 Comments
Tags: ,

Berikut ini daftar lima lagu dari dekade 1990-an yang menurut saya paling ngepop dan paling nostaljik. Mereka bukan band legendaris, laiknya Dewa atau Slank, dan bukan pula band indie yang kreatif dan nyeni, laiknya Pure Saturday atau Koil atau (kalo contoh yang saya berikan tadi sudah terlalu mainstream) band apalah itu namanya yang belum pernah saya dengar sekalipun selama hidup saya. Mereka yang saya pilih ini band komersil; band mainstream, band middle of the road, band yang sadar pengen lagunya laku dijual di pasar. Dan mereka berhasil melakukan itu. Daftar ini pastinya subyektif. Dan saya malas atau malahan mungkin  tidak bisa menerangkan kepada Anda mengapa saya suka lima lagu ini, kecuali bahwa mereka luar biasa nostaljik buat saya. Lagian, seriously, saya ini awam soal musik.

5). Fifty-Fifty: Seharusnya

Tadinya saya mau taro lagu Dwipa yang berjudul Maaf dan Five Minutes yang Salam Terakhir dalam list ini. Tapi entah kenapa saya lebih berat ke lagu yang lebih tidak populer ini. Mungkin karena band ini juga gak jelas (Gak ada satupun nama personil band ini yang saya tahu). Jadi ini lagu bener-bener berdiri sendiri, mewakili suatu periode dalam hidup saya ketika beban terberat dalam hidup saya adalah PR dan upcacara bendera, jauh pada suatu masa sebelum tagihan bulanan tiba dan memaksa saya hidup dalam ‘kenyataan’.

4). Jingga: Tentang Aku

Satu-satunya informasi yang saya punya dari lagu ini adalah pemain gitarnya itu Eet Syahrani, gitaris Edane titisannya Eddie Van Halen. Selebihnya hanyalah sebuah lagu yang begitu enak didengar. Sampai sekarang saya enggak tahu ini lagu soal apa sebenarnya. Lagu ini masih lumayan populer sih. Kalo gak salah di-cover sama Andien. Itu sebabnya lagu ini ada di posisi empat, karena masih terasa kontemporer kalo udah dicover orang lain. Meski begitu, materialnya, dari segi lirik dan musik, emang udah nostaljik banget, 1990-an banget!

3). Protonema: Adinda

Saya gagal menemukan video klip lagu ini. Yang tahu band ini pasti ingat sama vokalisnya yang gendut, tapi masih keliatan berwibawa. Saya gak tau ini lagu debut mereka apa bukan. Kayaknya iya, tapi entahlah. Lagu cinta yang ngerock banget. Serulah.

2). Dr. PM: Lagu Untukmu

Ini lagu sebenernya dirilis tahun 2001, tapi hawanya masih 1990-an buat saya. Band ini udah gak jelas sekarang gimana. Yang saya tahu gitarisnya pindah ke Ada Band. Vokalisnya saya enggak tahu namanya siapa. Dia ini penggantinya Erwin yang pecicilan. Dari sekian banyak band waktu itu, menurut saya band ini yang paling ngepop, meskipun mereka tidak seterkenal Dewa 19 atau Gigi. Lagu ini nostaljik. Padahal saya waktu itu sudah kuliah dan sok serius. Tapi entah kenapa lagu ini rasanya diputar di masa puber.😐

1). Indy: Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam

Saya cuma tahu judul lagu ini. Yang lainnya blank. Setelah membaca komentar di Youtube saya baru sadar kalo nama band ini Indy dan judul albumnya ‘Prologue’. Ini lagu paling nostaljik buat saya. Mungkin karena liriknya yang catchy kali ya. Atau apalah. Lagu ini seperti merangkum segala apa yang saya rasakan di masa remaja dulu. Mendengarkannya kembali lumayan menenangkan, apalagi kalo lagi suntuk sama pekerjaan, sama peran yang harus saya mainkan sebagai ‘orang dewasa’: going to work, paying the bills, etc.

22 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Lagian, seriously, saya ini awam soal musik.

    Ini hoax…😆

    Dengan ingatan samar2, ini yang terlintas saja (tidak berurutan):

    1. Stinky – Mungkinkah
    2. Sang Alang – Di Pantai
    3. U Camp – Hanya Bayangan
    4. RC Formation – Salahkanlah
    5. Bunga – Kasih Jangan Kau Pergi

  2. Sepertinya harus bikin posting sendiri juga ini…

  3. Singiku – Kebebasan

    Halmahera – Khayalanku

    Gallery – Terkenal

    apa lagi yah! ngoprek-ngoprek ingatan sendiri, eheheheh

  4. Rampak Naong – Tergoda

    Funky Kopral – Bagian yang hilang

  5. Dr. PM – Damaia Mimpi

    DIN DOANK juga, paling suka yang PULANG, lagu-lagunya NUGIE juga bagus.

  6. […] sudah di-tag oleh Pak Gentole, mau tidak mau saya juga harus ikut bertanggung jawab dan memikul beban membuat daftar lima lagu […]

  7. @jensen: stinky? seriously?😛
    @amed: dah liat boleh juga.
    @inayah: singiku itu emang bagus. dan gak jelas juga, cuma lewat tapi berhasil mewakili zaman.

  8. Di sini, ataupun di blog Bang Ando, Amd, kenapa tidak ada gerimis mengundang? #dipentung.😛

    Jadi mikir, 10-20 tahun lagi, kira-kira lagu apa yang bakal jadi lagu nostaljik bagi generasi muda zaman sekarang, mengingat industri musik sekarang lagi era-nya boyband dan band-band dengan lagu yang… hmm..begitulah.😎 .. semuanya memang kembali ke masalah selera.

  9. @zeph: saya juga senang kok gerimis mengundang.😛

  10. itu, bang rhoma gak termasuk ya .

  11. emmm… fariz gak ada nih?

  12. Nice blog, jadi kangen sama masa” dulu hemmmm…… ^_^”

  13. Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

  14. wah.. tulisan anda sangat baik dan menambah pengetahuan dan informasi untuk saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang lainnya dan menambah wawasan. salam dari saya, terimakasih yah

  15. Kenapa aku gak punya kenanagan ya…

  16. […] terpopuler, sembilan belas blablabla teraneh, dsb.), namun baru terpantik niatnya setelah membaca ini. Awalnya berniat bikin daftar film-film terbaik versi saya, namun sepertinya ulasan seorang pecinta […]

  17. lagu Indy masih terngiang sampe sekarang🙂

  18. suka merinding disko kalo inget lagu2 jaman dulu😀

  19. jadi inget jaman 90an gini hehe

  20. serasa masuk ke mesin waktu setelah baca post ini🙂

  21. Repairing link ah…
    http://amed.web.id/index.php/posts/lima-lagu-90an


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

