Lagu Sedih

January 15, 2011 at 8:05 am | Posted in iseng | 12 Comments
Tags: ,

Mana duluan. Melankoli atau lagu sedih yang bikin kita merana? Rob dalam novel High Fidelity Nick Hornby menganggap pertanyaan itu serius; buat dia lagu menye-menye tidak kalah berbahaya dari narkoba, Fesbuk atau bahkan Gayus. Coba pikir. Ada berapa anak muda sekarang — alay, hipster atau mereka yang anti-keduanya — yang mesti larut dalam kesedihan mendalam gara-gara ribuan lagu pop yang bisa bikin orang mewek-mewek najis-najong tralala-trilili-trololo itu? Mereka hidup dalam kesedihan yang takjelas dan takberujung pangkal. Infinite sadness, kalo Kata Billy Corgan. Dan ini masalah serius, kata Rob. Masa muda mestinya dirayakan, sebaik-baiknya. Tapi sebagian orang malah meratapinya, sedalam-dalamnya! Dan siapa, pembaca budiman, yang harus disalahkan: kehidupan yang sakit, disfungsional dan menyedihkan, atau lagu pop menye-menye yang mengipasi terus baraduka yang takkunjung padam? Entahlah. Saya kira semua orang sepakat lagu sedih membangkitkan, melarutkan dan memperpanjang kesedihan.

Catatan:

Saya tidak punya memori apa-apa dengan lagu Indra Lesmana. Tapi lagu di atas selalu bikin melankoli. Apakah Anda mendengar lagu sedih?

12 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Saya kok mikirnya justru lagu-lagu sedih itu udah gak sedih lagi ya. Sekadar kata-katanya yang asal dimasukkan supaya lagunya bisa dinyanyikan. Kalau ada yang live di TV ‘kan biasanya senyum-senyum aja walau liriknya gak upbeat. Dulu ada Radiohead mengeluh soal ini.

    BTW Billy Corgan itu sekarang jadi penyair. Pernah baca tidak?:mrgreen:

  2. ^
    Oh where oh where can my baby be, the Lord has taken her away from me?😕
     
    @gentole

    Melankoli atau lagu sedih yang bikin kita merana?

    Yang manapun bisa datang duluan.:mrgreen:

  3. Setuju sama masbro lambrtz. Yang manapun bisa duluan, dan selanjutnya jadi lingkaran setan.:mrgreen:
     
    *melankoli memicu lagu sedih memicu melankoli memicu lagu sedih dst…*

  4. @ lambrtz

    Kenapa itu potongan lirik memangnya?

  5. @pak guru: maksudnya lagu-lagu sedih kontemporer begitu? kayaknya setiap orang punya respon yang berbeda terhadap lagu sedih. dan lagu sedih gak mesti liriknya sedih juga. kadang lagu yang sebenarnya sebuah kritik sosial kalo ada attachment kisah sedihnya bisa bikin mewek juga. ada banyak isu sih. tapi kalo orangnya emang kagak sentimentil dan terlalu jaim plus terlalu berwibawa, lagu sedih apapun mungkin gak bikin sedih juga. kayak lagu “aku ingin” di atas, kayaknya bukan lagu sedih deh. entahlah lagu indra lesmana itu sedih2 buat saya. the smiths juga.
    .
    @lambrtz, sora9n
    .
    Iya emang bisa man aja yang datang duluan. Dan betul setelah itu lingkaran setan.🙂

  6. Lagu Indonesia Raya yang konon menjiplak Lekka Lekka Pinda Pinda di Belanda atau Garuda Di Dadaku yang jelas-jelas dicopet dari lagu rakyat Papua oleh sebuah band “bukan alay”™ bermerek Netral itu, juga bisa menjadi lagu sedih. Saat 11 pengangguran yang kerjanya berebut bola di lapangan dalam tim nasional bertanding, ramai juga yang mencucurkan air mata macam orang kakinya sedang dijepit meja di ruang interogasi polisi.
    Manusia memang aneh. Sukar ditebak. Di luar jaim di dalam remuk, di luar menangis di dalam ketawa. Betul-betul bayangan “zat” yang mereka sembah😛

  7. @Pak Guru
    Bukan potongan liriknya per se sih, tapi itu lagu kan sedih tapi bernada gembira.:mrgreen: *gapenting*

  8. @geddoe
    sajaknya billy corgan udah baca udah lama. agak aneh, kayak baca sajaknya afrizal.🙂
    .
    @alex
    iya emang tergantung banget. rayuan pulau kepala kalo TVRI abis jam satu malem tuh sedih. hahahaha…

  9. *kembali nyetel Kerispatih*

  10. Seringnya jadi sedih kalo mendengar lagu yang liriknya nonjok a.k.a nuncep😆

    Tapi, lagu sedih a.k.a melo IMO ga selalu bergantung pada liriknya. Sering denger lagu bahasa asing yang ga ngerti artinya, tau-tau jadi sedih😥. Padahal melodinya juga ga sedih-sedih amat sih:mrgreen:

    Jadi mengapa saya sedih😐

  11. @amd: tak lekang oleh waktu. itu sedih.
    @sweet martabak: nah. itu kan. ada lagu yang bikin sedih aja tanpa alasan, sedih gak, gak berujung pangkal. dalam hal ini, lagu sedih mendahului melankoli.

  12. haha.. betul bgt, rayuan pulau kelapa itu ngingetin pada satu masa, entah di masa lalu, sukar didefinisikan.. dan itu menurutku lagu sedih, apapun genrenya, kalo ia memicu kenangan yg mmbuat senat-senut perasaan, itu lagu sedih.. n kupikir kdg2 butuh jg lagu ky gt..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: