Kemalingan

June 30, 2010 at 7:41 am | Posted in curhat, katarsis | 10 Comments
Tags: , , ,

Mungkin anaknya sakit. Atau pacarnya maksa nikah. Apapun alasannya, saya tidak bisa mengerti mengapa ia memilih kamar saya, kamar huruf I  — dari sekian banyak kamar yang ada di Jalan Widuri yang hijau itu, yang seperti oase di tengah kota.  Aman, sentosa. Macbooknya hilang. Yang lain dibiarkan terserak. Laci di meja dan lemari dibiarkan terkoyak. Digagahi. Semena-mena! Hati saya terluka. Hilang sudah gagasan menulis Sanikem dan Annelies. Ah, keduanya hanya tokoh rekaan Pram! Mereka tidak pernah ada. Tidak betul-betul merasakan sakit, sakitnya dipaksa sadar bahwa hidup itu nyata, bahwa kamar saya kemalingan itu bukan mimpi. Setiap hari saya bicara sama Macbook itu. Menulis. Membaca. Melihat. Mendengar. Macbook itu jendela. Juga kawan tidur. Juga kawan di kala sepi. Dan sakit benar rasanya membayangkan si maling itu masuk ke kamar saya dan menemukan Macbook saya di laci meja. Sesaat saya teringat Ariel. Dan kemudian merasa nelangsa. Saya telpon Ibu, pacar dan sahabat. Dan saya malah semakin nelangsa. Lalu berupaya tidur. Tapi tidak bisa. Di lantai masih ada buku Pram.  Anak Semua Bangsa belum selesai. Membaca kembali surat Panji Darman saya jadi mereka-reka lagi wajah Annelies, juga Mama. Sudah tiga hari ini saya mau nulis soal kau, Ann, juga Mama. Tapi laptopnya sudah tidak ada. Waktu saya pulang, kamar sudah diobrak-abrik. Macam aktifis politik jaman orba dulu saja saya ini. Tidak tahu saya ini nelangsa karena macbooknya hilang, atau karena tidak ada pena buat menulis Sanikem dan Annelies, betapa keduanya diperkosa keadaan, membenci diri mereka sendiri dan kemudian bunuh diri — Sanikem mati untuk menjadi Nyai Ontosoroh, Annelies mati karena benci kulit putih, benci dirinya sendiri dan bunuh diri dalam pelayaran ke Eropa. Apakah artinya kehilangan? Toh, cuma laptop? Ah, laptop itu MAHAL! Baiknya saya sudahi tulisan yang semakin ngawur ini. Saya tidak lapor polisi. Pasrah saja. Saya memang tidak pernah melawan, jikalaupun saya melawan, saya memang tidak pernah melawan sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya. Kau maling. Bajingan.

Advertisements

10 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Hoo, turut berduka 😦

  2. Saya tidak pernah melawan…

    dasar kamu pengecut, buat membeladiri aja gak mampu.
    gimana mau nolong orang lain.
    Apa kata pacarmu nanti.

  3. hahaha…
    lucu abis…
    sumpah..

    .
    ah ini hanya proses, anak manis, agar kau mengerti akan arti kehilangan, dan hal itu yang akan mengantarmu kemasa berikutnya; dewasa. seperti minke saat kehilangan ann, sepertinya saya pernah posting itu tempo dahulu.
    .
    tetralogi buru saya juga ilang semua, hanya tinggal satu, rumah kaca, juga dimaling, ah biarin deh.. nanti beli lagi, buku kan murah.. :mrgreen:
    .
    ah, ngomong-ngomong soal pram, saya kemaren mimpi, dalam mimpi itu pacar saya yang wartawan kere itu bilang bahwa pram ada nulis entah apa, novel atau puisi ya, lupa deh, judulnya perempuan purba. eh ternyata setelah saya tanya dan cari kesana kemari gak ada pram menulis itu. saya jadi ingin nulis tentang itu; Perempuan Purba.
    lho, kok jadi saya yang curhat.
    .
    duh, tapi kasian juga kau, anak manis. moga malingnya insyaf dan laptop km dibalikin! berdoa saja, moga ada keajaiban, saya ikut doain deh.. 🙂

  4. Kasihan sungguh kasihan…Memang terlalu maling tu… Semoga nggak ada data sensitip di laptop itu semacam videonya Ariel… Bisa tambah heboh Indonesia 😀 😦

  5. turut berduka… 😦
    semoga malingnya ketemu atau insaf dan mengembalikan si Mac 😀

  6. Mungkin ini cobaan, ato bahkan hukuman. Saya setengah2 percaya akan karma. 😀

  7. Thieve from the thief! 😈

  8. turut berduka. uang buat beli lagi sih bisa dicari. tapi data isinya itu. ah, elo emang sial. makin muram aja deh posting lo

  9. hmm.. maling itu salah, mestinya yang dia curi itu isi kepalanya gentole, cara berpikirnya, dan setiap jengkal gagasan yang ada di dalamnya.. maling bodoh!

    (khusus buat mas ary!)
    mas, kalo butuh laptop murah kirim aja ke email, butuhnya yg gmn..
    ini bukan promosi, aku g jualan laptop.. yg lain, ini jgn dianggap apa2..

  10. @all: yah apakah ini karma, cobaan, proses, atau apalah itu. ada yang berkenan nyumbang laptop ke saya? 😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: