Lima Lagu Rohani Paling “Manipulatif”

April 17, 2009 at 1:54 am | Posted in iseng, sekedar | 28 Comments
Tags: , , , ,

Nderek Dewi Maria

358px-nfromentburningbush1476

What is Moses doing there? Is that the burning bush?

Ada yang tahu judul asli lagu ini; dalam bahasa latin atau Inggris? Saya penasaran. Saya gak bisa bahasa Jawa, jadi enggak ngerti liriknya apa. 😕 Nevertheless, saya merasa seperti berada dalam pelukan Dewi Maria. *halah* Tidak ada figur perempuan yang seolah-olah “semi-ilahi” dalam Islam, agama-lahir saya. Allah bukan Bapak, baik bagi anak-anak Israil, maupun Sang Anak atau Logos yang mendaging. Allah adalah Tuhan; tidak punya ayah, tidak punya anak. Ahad. “There is no Holy Family in Islam”, Zizek says on the faith. 😀 Tapi saya suka lagu ini. Taunya dari Lambrtz, btw.

Al-I’tiraf

180px-abu_nuwas

Watch out for those flirting eyes!

Seandainya lagu ini diaransemen Djaduk [Dwiki kayaknya kurang menjiwai menurutku]. Dan coba lagu ini dinyanyikan Christopher Abimanyu. 😀 Adakah yang tahu siapa gerangan yang menulis lagu ini? Saya tahu liriknya digubah Abu Nawas, Oscar Wilde-nya dunia Islam. Why? Karena kedua orang itu witty dan hobi mengekspos kebodohan gaya hidup masyarakat  dalam mana mereka hidup. Kebetulan keduanya (diduga) sama-sama menyukai pretty boys. :mrgreen: Aneh gak sih, apakah Anda tahu sajak ini mungkin digubah oleh seorang gay? Tetapi saya lebih penasaran sama dia/mereka yang telah melagukan sajak ini. Saya dengar versi Arabnya berbeda. Ada yang tahu kah siapa dia/mereka?

Senandung al-Qur’an

image

A woman? A girl?

Satu-satunya lagu rohani dari zaman TPA dulu yang saya masih ingat liriknya dan mudah-mudahan masih bisa melagukan  secara khusuk, karena memang lirik dan lagunya indah. The best hymne in the tradition of Islam! Saya tidak tahu siapa yang menulis doa tersebut; saya tidak yakin Kanjeng Nabi mengajarkannya, dan sayapun tidak yakin doa lagu ini dinyanyikan di Timur Tengah. Sayang saya tidak menemukan aransemen musik untuk “Senandung al-Qur’an” yang mendekati Hadad-Dwiki, apalagi Djaduk. Link yang saya temukan payah; karena terlalu banyak improvisasi yang tidak enak didengar. Itu masalahnya; they just overdo it! Ada yang tahu link untuk lagu “Senandung al-Qur’an”? Yang otentik?

Hark the Herald Angels Sing

guido_reni_0311

Yeah, yeah, I know, this angel doesn't seem to like to sing. *males browsing*

Ini lagu dibuat di Inggris oleh Carles Wesley dan kayaknya non-Katolik, CMIIW. Biasanya yang agak semangat lagunya orang Protestan. Sering denger lagu ini menjelang Natal. Sudah lama sih mendengar lagu ini namun baru betul-betul mendengarkan setelah beli MP3 player yang ada Kenny G’s rendition of the song di dalamnya. This song doesn’t make me weep like Nderek and Al-I’tiraf do, but it’s moving…somehow.

Senandung al-Fatihah

al-fatihah1

Ini lirik aslinya dalam bahasa Arab

Ini lagu TPA. Siapapun yang belajar membaca al-Qur’an menggunakan metode Iqro pasti tau. Lagunya sedih, banget. Btw, ini terjemahan ayat al-Qur’an yang dijadikan lagu. Sangat puitis pastinya! Written by the divine! You know, saya pikir orang hanya butuh mengerti surat al-Fatihah dan surah al-Ikhlas untuk mengerti Islam: teologinya, falsafah hidup yang ditawarkannya — semuanya. Lagi-lagi, ini lagu cuma ada di Indonesia (dan juga Malaysia) kayaknya. Well, I have to admit, we actually have a bunch of creative Muslims here in Southeast Asia. Sayang, link yang saya dapatkan di Imeem tidak terlalu bagus. Versi lama yang saya dengar waktu kecil jauh lebih mengharukan. Mbak Mimi Larasati atau Mas Ari Malibu (are they Muslims?) kira-kira mau gak yah mengaransemen ulang lagu ini?

*

Sebenarnya masih ada lagi beberapa lagu yang membuat saya sedih gimanaa gitu, seperti misalnya Air on G String atau Astaghfirullah. Tetapi tidak masuk lima besar lah. Btw, saya tidak suka lagu Malam Kudus.  😕 Setiap orang pastinya berbeda selera; dan efek sebuah lagu pun bervariasi untuk setiap orang. Karena bagi sebagian orang, terutama penganut paham naturalisme, lagu-lagu rohani semacam ini sama sekali tidak spiritual; they’re simply emotionally manipulative! Seorang Kristen mungkin bisa menangis mendengar lagu Malam Kudus, tetapi seorang Muslim malah geram mendengarnya (“Ih lagu orang Kristen!!?”) semata-mata karena mereka dibesarkan dalam tradisi agama/teologi yang berbeda. Saya tidak tahu nyanyian rohani dalam agama Hindu, Buddha dan Yudaisme. Mungkin mereka punya lagu-lagu yang filosofis, yang membutuhkan rahsa (tanya Mas Sitijenang untuk informasi lebih jauh) untuk bisa benar-benar dimengerti. Entahlah. Islam dan Kristen adalah adalah agama mudah; agama orang kebanyakan. So, jadi, bagaimana dengan Anda? Apa lagu rohani yang membuat Anda meleleh dalam atmosfer pertaubatan seberapapun temporalnya atmosfer itu? Lagu lebarannya Eno Lerian mungkin? Oh, my, Eno sekarang sudah dewasa sekali. 😕

Advertisements

28 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. What is Moses doing there?

    Which one is Moses? 😕

    Saya gak bisa bahasa Jawa, jadi enggak ngerti liriknya apa.

    Lah di situs yang saya kasih itu dulu kan ada terjemahan Bhs Indonya 😕 [link]

    Apa lagu rohani yang membuat Anda meleleh dalam atmosfer pertaubatan seberapapun temporalnya atmosfer itu?

    Gregorian chant. Kaya gini.

    Biasanya yang agak semangat lagunya orang Protestan.

    Di Katholik juga ada. Kaya gini misalnya. Djaduk juga. Hehe.
    BTW lagu Hark itu juga dipake di Katholik.

    Btw, ini terjemahan ayat al-Qur’an yang dijadikan lagu.

    … 😕
    which reminds me of this controversy (third paragraph).

    tetapi seorang Muslim malah geram mendengarnya (”Ih lagu orang Kristen!!?”)

    😆
    Geleng-geleng kepala saya kalo lihat orang kaya gini, la wong saya sendiri mendengarkan lagu Islami seperti Debu, dan mulai agak tertarik dengan lagu-lagu Sufi 😛

    […] dan Yudaisme

    Bukan Judaism per se sih, soalnya ini lagu populer, tapi anehnya ada di buku lagu gereja di Indo. Yerushalayim Shel Zahav. Apa gereja saya mendukung Zionisme ya? 😛
    .
    BTW ga ada Ave Satani? *dihajar*

  2. What is Moses doing there? Is that the burning bush?

    No. IMO that’s the angel informs the shephard about the birth of Jesus. CMIIW 😕

  3. @lambtrz
    .
    Musa yang lagi duduk berhadapan dengan malaikat. Judul lukisan itu “Moses and the Burning Bush“. Kalo saya tidak salah mengerti biografinya The Bible karya Karen Armstrong, teolog Kristen awal berpadangan bahwa Logos lah (sebelum ia menjadi Yesus) yang berbicara kepada masa di Gunung Sinai.
    .
    Saya tahu ada terjemahannya; tetapi tetep aja kan dengernya pake bahasa Jawa. Saya mau cari yang bahasa Indo, atau latin buat dicari partiturnya.
    .
    “Hark” dipake di Katolik juga? Tapi Wesley itu anglican, bukan? Yakin dipake di Katolik juga; bukan bid’ah tuh. :mrgreen:
    .
    Ave Satani kamu sajalah yang dengerin.
    .
    @jensen
    .
    That shepard is Moses. Btw, gimana caranya ngilangin snapshot?

  4. @ ahgentole
    .

    That shepard is Moses.

    wOOt?!? 😕 Hmm.. the image of Mary & the child is distract me 😕
    .

    Btw, gimana caranya ngilangin snapshot?

    Dashboard > Appearance > Extras

  5. So, jadi, bagaimana dengan Anda? Apa lagu rohani yang membuat Anda meleleh dalam atmosfer pertaubatan seberapapun temporalnya atmosfer itu?

    .
    » Via Dolorosa
    » Menjaring Matahari
    » I Believe. [english lyric]
    » Buka Mata Buka Hati
    » Supplication
    » Al-Mu’allim
    .

  6. So, jadi, bagaimana dengan Anda? Apa lagu rohani yang membuat Anda meleleh dalam atmosfer pertaubatan seberapapun temporalnya atmosfer itu?

    .
    » Via Dolorosa
    » Menjaring Matahari
    » I Believe. [english lyric]
    » Buka Mata Buka Hati
    » Supplication
    » Al-Mu’allim

  7. Yang pertama itu dihapus saja, Mas, salah tag *itu kalau nggak males ngehapusnya* 😛

    *halah, sekalian hetrix* :mrgreen:

  8. Jagalah hati.., jangan kau kotori
    jagalah hati… 😀

    tombo ati bagus juga…

  9. Nearer My God to Thee
    Come Thou Fount of Every Blessing
    Shenandoah–yg ini sebernya bukan hymn..but it might as well be.

    manipulative indeed.

  10. Wah, kacau ini. Lagu rohani yang saya tahu cuma Jesus Make Up My Dying Bed-nya Blind Willie Johnson, itupun gara-gara Led Zeppelin dan Bob Dylan.

    Eh, yang Hark the Herald Angels Sing itu bagus banget.

  11. Buddhist:
    * Mantra Tibet Om Mani Padme Hum. Temen meditasi (efeknya bisa bantu konsentrasi), atau kalo lagi perlu konsen liat data jam-jaman
    * Prajnaparamita. Nagarjuna lagi hehehe
    .
    Sufi:
    * Her words bring me to life again – Ensemble Ibn Arabi
    .
    Hindu:
    * Om Nama Shivaya
    * Gayatri Mantra
    .
    Kristiani:
    semua lagu-lagu Taize, misal:
    * Confitemini Domino
    * Bless the Lord
    .
    Islam Jawa (apa pula ini?!?) :mrgreen:,
    * Gending Sekaten

  12. eh klo boleh lo tau semua jangandong ngejelekin agama orang lain agama itu penting coba klo agama u semua apda diejek marah ga tuhan u tuh diejek sama seperti orang kristiani juga kalo tuhannya diejek dia pasti marah meskipun orang itu sesabar mugkin tapi kalo udahketerlaluan sih pasit dia juga akan turun tangan.
    SEKALI LAGI JANGAN PERNAH MENGEJEK TUHAN GW..DGN KATA2 YANG TIDAK SOPAN….

  13. @muzza : Lha yang lagi ngejelekin siapa mas? hi hi hi. Aku kok malah jadi bingung. ( bingung mode on). Lha wong yang diomongin lagu yang menyentuh hati kok .

  14. Ternyata banyak orang yang membaca judulnya saja ya? Hi hi hi. Makanya Yang salah yang mbaca apa yang membuat judul. Pada bingung tuh ngartiin kata “manipulatif”

  15. yayayaya…. bagus tuuuuh gak kaya sayaaa masih suka lagunyaaaa Nugiiie *Tertipu*… Huuuuwaaaaaaaakakakakak..
    Tertipukah sang diri ini…
    Andai aku tak terperangkap kepalsuaaan…
    Alunan sang fikir dan angan angan yang meraja…
    dan Mulai belajar masuk kedalam diri…
    Belajar mendengarkan jeritan suara Nurani…
    Mungkin akan ditemukan kedamaian… yayaya… mungkin..
    Hanya sedikit… sedikiiit sekali…
    Hati Nurani yang Hiduuup… lebih Hiduuuup..
    itulah Jiwa Jiwa yang tercerahkaaaan…
    Salam Sayang

  16. Nggggg….. manipulatifnya ke mana?
    kalau ke mata, alias bikin mewek, mungkin lagu Bimbo yg judulnya sajadah panjang. pake irama minor, minor dan minor lagi (bikin hati sedih) sembari dengar suara sam bimbo cerita tentang mati (bikin hati merinding).

  17. Yang bikin pertaubatan itu bukan lagunya..
    klo dengerin lagu trus ada atmosfir yg gimana gitu.. itu namanaya bikin bikinan..hati hati…palsu…
    btw sekarang muslim udah ikut ikutan yah ..hehe baguslah…
    kalau dulu pake rebana syalalalalala..sekarang udah modern…
    lama lama nanti ada islam karismatik hehe…
    itulah jalan Tuhan untuk mengubahkan setiap umatnya …
    karena Dia cinta kalian ..Yesus cinta kalian….
    “Tak ada seseorangpun yang bisa masuk kekerajaan Allah tanpa melalui Tuhan Yesus”==> diterjemahin yah pake basa sederhana..takut ada yg gk ngerti jadi begini
    tak ada satu agama/hal/sosok/perbuatan/pribadi/apapun/siapapun yang bisa membawa kamu masuk ke surga kecuali TUHAN YESUS! The way The Truth The life

    salam 🙂

  18. kalo saya :

    1. Al Itirof
    2. Dengan Menyebut Nama Allah (bersahaja, mrinding)
    3. Malam Kudus
    4. Tombo Ati

  19. loh benci lagu apa agamanya? gue c ga ambil pusing..palang sepihak!!!!

  20. lagi nyari lagu senandung alfatihah yg dinyanyikan oleh anak2 TPA. ada gak ya?
    dah muter2 gak nemu. adanya yg dinyanyikan nur irsyad dan arroyan (jelek, saya kurang suka). kalo yg nyanyi anak TPA bener2 asli. eh malah sekarang yg terkenal yg contekannya.

  21. @standfirm: itulah jalan Tuhan untuk mengubahkan setiap umatnya …
    karena Dia cinta kalian ..Yesus cinta kalian….

    Musik dimana2 juga universal, kaum ga beragama juga suka dan menggubah musik, malah ada band pemuja setan. Apa buktinya itu jalan tuhan untuk mengubah umat kami. Ngelantur lu, stand firm bro, jgn sempoyongan. G penting lu ah bikin g enak aja baca blog.

  22. RT @standfirm
    udah yang lain bacanya nyante aja, gausah ngundang SARA..

  23. Ada tuhl, lagunya bung romaa….judulnya terbujur bangkai dan keramat (bukan lagu religi, tapi bisa menggugah hati)…waahhh, coba denger deehh, bisa inget mati.

  24. Silver bell dan Oh Come All Ye Faithful By Twisted Sister, Gagah lagunya.

  25. Maksudnye ‘manipulatif’ apaan sih?

    Aku suka lagu ‘Angel Gabriel’

  26. hahaha, jd kepikiran gini “Surah Al-Baqarah – Syeikh Blablabla cover”

  27. Iki perkara wewados nDalem Gusti, ora usah sampeyan pikir.Misteri Gusti, aja dipikir nganggo akale menungsa. Lagian kalau Anda mungkin bukan orang Katolik, nggak usahlah memikirkan lagu ini, ini punya mereka.Ini juga bukan lagu orang protestan atau kristen (nDerek Dewi Maria). Ini lagu kebanggan orang Katholik. Biarlah ini ada dan dihidupi oleh mereka, ora usah melu repot repot to mas. Sing ngerti isine lagu ya mung wong jawa karo wong sing gelem nyinau bawa jawa.wong lagune basa jawa.

  28. Mohon Maaf Saudara-saudara, komentar saya yang lalu saya tujukan buat lagu “nDerek Dewi Maria” saja, bukan yang lain. Saya Mohon maaf jika komentar saya di komen yang lalu tidak menyenangkan atau menyinggung seseorang atau banyak orang khsusnya warga yang bukan katholik.atau komen saya tidak berguna . Setahu saya lagu tersebut memang hanya dinyanyikan oleh warga Katholik, dari Jawa atau yang memakai bahasa Jawa dalam berdoa khususnya. Jadi mungkin warga katholik dari luar jawa tidak begitu mengenal lagu itu.. Oleh karena itu saya ingin membatalkan komentar saya yang lalu, anggap saja tidak pernah saya tulis. Saya merasa menyesal telah menulis komentar saya yang lalu. Demikian. Terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: