Bukan Sheila Majid, Bukan Siti Nurhaliza…Ini Yuna!

March 15, 2009 at 6:40 pm | Posted in apresiasi | 22 Comments
Tags: , , ,

Namanya Yuna. Dia orang Malaysia. Jilbaban. Manis. Rajin mengaji Jago bikin lagu, suaranya enak didengar (agak mirip Corinne Bailey Rae, katanya) dan pastinya punya daya tarik yang bikin saya betah berlama-lama duduk di depan panggung Nokia Mosaic Festival di Esplanade. Entah karena latar belakang panggung (laut dan dempetan gedung pencakar langit yang bercahaya megah, termasuk gedung Hotel Fullerton yang seperti berwarna emas) atau karena saya tidak pernah melihat perempuan berjilbab di panggung selain pelantun lagu kasidah, pokoknya saya duduk manis, berusaha relaks, berharap konser Yuna tidak segera usai. I like this girl! Musiknya mungkin tidak luar biasa untuk Anda. Ini musik standar, memang – sangat MTV lah. Tapi apa salahnya dengan “musik standar”? Dan, iya, tentunya dia bukan tanpa panutan pula (suaranya malah agak mirip Mbak Feist di telinga saya, tapi tidak samalah); musiknya pun jelas lebih terasa Barat, ketimbang Melayu [Siti Nurhaliza, anyone?]. Tapi yah, saya tidak keberatan sama sekali. Lagunya agak kecewe-cewean pun saya tidak perduli. Anda bisa pergi ke MySpace Yuna atau Youtube untuk sekedar nyicipin beberapa lagunya. Tapi, well, rasanya beda bila Anda mendengar dan melihatnya bermain gitar dan bernyanyi. Bagus. Mungkin karena jilbab yang dia kenakan, atau karena musiknya, atau karena suaranya, atau karena semuanya. Tidak tahu juga saya. Aransemen musiknya, meski bukan tanpa cela, cukup menyegarkan buat standar pribadi saya. Efek gitarnya (bergema dan bening) selaras dengan karakter suara Yuna.

PS:
Satu: Saya hampir selalu pergi ke Java Jazz Festival setiap tahunnya dan selalu stres bila berada di sana; terlalu rame, terlalu banyak tontonan, terlalu banyak orang kaya yang terlalu pamer kekayaan. Bising. Risih. Mosaic Festival ternyata lebih menyenangkan. Ini pendapat pribadi saya aja sih.

Dua: Catfight Indonesia dan Malaysia wajib dihentikan. Anda boleh bilang, “Indonesia punya banyak musisi yang lebih berbakat!” Well, biar bagaimanapun, saya masih tetap ngefans Sheila Majid dan sekarang, mungkin, Yuna.😀

Tiga: [update] Saya baru nemu linknya Feist di website Yuna; lah saya emang suka Feist! Jadi, no wonder. So, ada Feist rasa lokal ternyata, tapi masih gurih didengar.😀

22 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya tidak pernah melihat perempuan berjilbab di panggung selain pelantun lagu kasidah

    Well, saya pernah lihat satu cewek berjilbab jadi vokalis band indie dari Surabaya (lupa namanya), satu lagi jadi backing vocalnya Kangen Band, satu jadi vokalis multi genre (band saya dulu), dan satu lagi jadi (sayangnya cuma) penonton di konser Heavy Metal (berjilbab bertampang Timur Tengah berbaju Iron Maiden?:mrgreen: )
    .
    Oh ini ngomongin apresiasi seni ya? Saya pikir tentang pemberontakan terhadap nilai-nilai konservatif.😕
    *dilempar daging*
    .
    BTW

    terlalu banyak orang kaya yang terlalu pamer kekayaan

    Emang kaya apa sih? Belum pernah nonton nih😐
    .
    dan
    .

    Catfight Indonesia dan Malaysia

    This is tahi kebo.

  2. BTW dia cantik juga ya. Beautiful in the truest sense. Auranya kena😀
    *halah*

  3. Hmm, kalo dari Malaysia spt-nya Nurul Izzah (Putrinya Anwar Ibrahim) tetap yg paling OK.
    Kekurangannya cuma satu, dia sudah nikah….🙂

  4. @lambrtz
    .
    Kangen band kebetulan bukan selera saya. Dan saya tidak pernah nonton konser di Surabaya, apalagi melihat band kamu manggung. Jadi, semalam itu untuk kali pertama. Dan saya terpesona.😀
    .
    Ini apresiasi seni sekaligus ungkapan kegembiraan saya atas (dalam pandangan saya) progresifitas masyarakat Islam. Kesannya terbuka, kesannya asik aja.
    .
    Java Jazz? Yah, gimana, yah; venuenya jelek. Jakarta Convention Center itu memang tidak didesain buat konser musik. Gak enak.
    .

    BTW dia cantik juga ya.

    Itu. Saudaraku. Daya tarik yang dimaksud!!
    .
    Makanya jangan terlalu serius belajar. Kan saya udah ajakin; You missed Yuna. Last night was her last gig at the festival.:mrgreen:

  5. @bsw
    .
    Iya, dia cantik. Pastinya. Tapi bisa nyanyi gak?😀

  6. me likey!!!

  7. stevie vai dong le. btw, f# gitaris tangerang berpulang. ada di tpi.

  8. he.. he.. he.., liat cewe jilbaban sambil genjreng gitar bolong… rasanya cool banget🙂

  9. @irene
    .
    Wah promosi saya berhasil.
    .
    @buzzart
    .
    Masak steve vai melulu. Bosen. Firman? Kenapa ada di TPI?
    .
    @bodrox
    .
    Hoho…iya. Rasanya beda!

  10. ada mirip Frente! dikit…

  11. @sj
    .
    Iya, campur2 memang. Saya juga ingat Frente waktu dengar lagu dia. Dia pun suka Peter Pan juga ternyata.:mrgreen:

  12. Makanya jangan terlalu serius belajar. Kan saya udah ajakin; You missed Yuna. Last night was her last gig at the festival.:mrgreen:

    😥

  13. Iya, campur2 memang. Saya juga ingat Frente waktu dengar lagu dia. Dia pun suka Peter Pan juga ternyata.:mrgreen:

    Fr…Frente?😯
    .
    Gak nyangka kalo situ juga dengar Frente😛
    .
    Suara penyanyinya itu manja sekali😳

  14. @alex
    .
    Kenapa emang? Enak kok didengerin. Sixpence pun saya suka.
    .
    Hey, Alex kau masih menggunakan YM?

  15. Iya… saya juga suka itu Frente. Suara itu… aduh…😳
    .
    YM? Masihlah. Itu yang paling sering dipakai diantara layanan sejenis lainnya😕

  16. beneran mirip suara penyanyi frente yg berdesah..sah..sah.
    Koq liat siluet youtubenya kebayang tampang YUI lagi genjreng gitar bolong sambil nyanyi???

  17. *liat myspace-nya Yuna*
    .
    Suka Bjork?😕
    *nunggu cover Pagan Poetry*

  18. 10 menit cari-cari gambar full face di myspace ga ketemu juga.
    Cuma miring, ketutup sebagian. Introvert?
    Suaranya bagus. Lebih enak kalau dengerinnya sambil ngelamun…😕

  19. hah….suaranya manis juga.
    btw..ini yang komen semuanya cowok ya, pastinya krn yang nyanyi cwe:mrgreen:

    agak mirip frente, memang lagu dan suaranya, rada mirip sinead o’connor juga dikiiiit
    tapi saya ga terlalu suka jenis musiknya, lebih suka sejenis alicia keys:mrgreen:

  20. @alex
    .
    Halah. Udah gak usah malu2.:mrgreen:
    .
    @ando kun
    .
    Sebenernya lebih mirip Feist dan the Cardigans.
    .
    @lambrtz
    .
    Iya, saya juga baru baca bagian influences-nya. Baguslah, jadi gak diribut2in plagiat kayak di Indonesia.
    .
    @lambang
    .
    Ada di Youtube; Yang lagu “Dan Sebenarnya”.
    .
    @emina
    .
    Lah masak kalo penyanyinya ganteng saya sebut2. Saya ini kan lelaki, masak suka pria.😕

  21. Frente dan Feist…?? kalau Adele agak2 mirip2 juga kayanya.

  22. salam…penyanyi yuna udah masuk dapur rekaman amerika.cari di youtube single nya :decorate”


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

