Novelty? What Novelty?

December 11, 2008 at 12:39 pm | Posted in iseng, katarsis, Uncategorized | 16 Comments
Tags: , , ,
joe_satriani

Pasang Foto Pak Joe Ah

This is 2008, people; everything is a repost of a repost of a repost.

Di atas ini adalah kutipan dari seorang peserta diskusi tentang gugatan Satriani terhadap Coldplay di situs MTV. Joe Satriani memang DEWA gitar! Dia itu ustadj-nya Slash GNR dan juga Kirk Hammet dari Metallica! Tapi dia juga manusia, dia juga bisa khilaf. Orang yang komentarnya saya kutip ini juga bilang kalo ternyata lagu Coldplay yang diklaim Satriani sebagai tidak orijinal dan njiplak itu sebenarnya sudah ditemukan terlebih dahulu oleh Cat Stevens (yang lagunya “dijiplak” Eros)! Saya terpana melihat kalimat terakhir orang itu: katanya, while Coldplay, Creaky Boards and Los Enanitos Verdes added some original lyrics and somesuch, Satriani just played Stevens’s melody straight. HahaPak Joe ini kurang dewasa. Semestinya ia menunjukkan wibawanya sebagai Dewa Gitar, musisi berkelas yang tidak merasa perlu nggerecoki industri musik yang begitu-begitu aja.

Saya ini sebenarnya jauh lebih hormat pada Pak Satriani sejak pertama kali mendengar “The Extremist” ketimbang Coldplay —Β  musiknya membosankan. Tetapi yah saya menyesali gugatan itu. Absurd.

*posting pake quickpress πŸ˜€ *

*update: berantakan pake quickpress!*

16 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Apa post dobel ini juga semacam tanggapan meta atas fenomena ‘repost of a repost of a repost’ itu? πŸ˜•

  2. iyak betul! adakah yang baru di internet? kayaknya setiap tesis doktoral harus jadi blog entri. :mrgreen:

  3. Kalo post dobel. Itu karena saya gaptek quickpress. :mrgreen:

  4. Ummm… tapi justifikasi “tidak dewasa”-nya apa ndak terlalu pagi juga tuh?

  5. saya penggemar Joe Satch. koleksi album hampir lengkap 😎

  6. kayaknya setiap tesis doktoral harus jadi blog entri. :mrgreen:

    Saya kok kuatir ntar bakal muncul fenomena sbb…

    Apa? Ini disertasi kamu?

    Cupu!! Ini sudah dibahas rame-rame di blogosphere tahun lalu! πŸ˜†

    *somewhat frightening* ^^;;

  7. *berniat somasi bro gentole*

    GAK TRIMA, GAK MUNGKIN MAS JOE KAYAK GITU, SAYA TUH NGEFANS BERAT AMA BELIAU. JOE SATRIANI ITU DEWA TAUK!! INI PASTI FITNAH!!!!

    :mrgreen:

  8. @amed
    .
    Habis, he is such a revered person in the music world. Ngapain juga gituh nuntut Coldplay.
    .
    @sitijenang, agiekpujo
    .
    Saya juga. Saya juga ngefans sama Joe. Saya ini dibesarkan oleh Crystal Planet!
    .
    *dengerin “Love Thing”, mendayu-dayu*
    .
    @sora
    .
    Haha iyah. Akan ada perubahan besar dalam dunia pendidikan kita dalam beberapa tahun mendatang. Saya yakin ituh.
    .

  9. Iya betul itu “Love Thing”, lagu joe yang pertama kali bisa saya mainkan dengan ‘sempurna’.

    *senyum jumawa*

    *menerawang, mengingat-ingat kembali gitar electric prince SS yang sekarang entah ada dimana*

    Tapi menurut saya, “Summer Song” is still his masterpiece. πŸ™‚

  10. Keliatannya bagus nih ^^

  11. mana tesis doktoral? *celingak-celinguk*

  12. Hehehe…Mbah Joe yang diributin lagi kongkow-kongkow sama Pak De Steve Vai sambil ngulik gitar.

  13. Wah wah wah wah wah wah wah wah :surprised:
    *geleng-geleng*
    Plagiat teriak plagiat? πŸ™„

  14. […] dapat info ini dari Mas Gentole, saya kaget juga. Masalahnya kasus jiplak-menjiplak kali ini melibatkan dua nama besar di dunia […]

  15. Eh, tapi saya juga bingung kenapa Pak Satriani sampai pakai gugat-menggugat. Kok kesannya kurang berwibawa; tidak rock and roll. πŸ˜• Kalau sekadar mempublikasikan ketidaksenangannya mungkin bolehlah, tapi kalau sudah bawa-bawa duit, saya kecewa juga. Lagu yang katanya dijiplak itu saya sudah dengar dari dulu, dan juga tidak sadar karena kayaknya kemiripannya tak segitunya (masih banyak yang lebih “memalukan” di tangga lagu).
    .
    BTW saya suka trek instrumental dari album Coldplay yang dimaksud. Yang pakai sitar. πŸ˜€ Walau sisanya biasa saja sih. Band yang termasuk sangat menjual soalnya.

  16. @agiek
    .
    Saya sih kayaknya “The Extremist”.
    .
    @Rian
    .
    Apanya Mas/Mbak?
    .
    @illuminationist
    .
    Kagak ada.
    .
    @yusahrizal
    .
    Iya kali yah. πŸ˜€
    .
    @frizter
    .
    Saya tidak menyukai istilah plagiat. πŸ˜•
    .
    @K.geddoe
    .
    Nah, yah itu. Sayang wibawanya gitu.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

