Kekristenan, 2000 Tahun Salah Tafsir?

January 8, 2008 at 10:17 am | Posted in agama | 5 Comments

Tentu umat Kristiani akan tertawa geli membaca entri blog ini karena, bagaimana mungkin tradisi studi biblikal yang sudah berlangsung lebih dari 1900 tahun dan telah melahirkan teolog-teolog kelas berat dari berbagai kebudayaan besar seperti Yunani, Latin, Jerman dan Inggris itu bisa disanggah oleh seorang Muslim Indonesia yang baru belajar tentang Trinitas dan Kekristenan kurang dari dua tahun? Wajar bila marah dan gusar, tetapi internet adalah pundak raksasa dan setiap orang bisa melihat lebih luas dari sana. Tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap para pemikir Kristen, tapi apa yang diajarkan Injil (yang diakui oleh al-Qur’an) — dan bahkan Kisah Para Rasul — adalah Keesaan Allah, bukan teologi mengenai hakikat Allah sebagai Trinitas. Saya khawatir, penganut Trinitas sudah salah menafsirkan Al-Kitab selama hampir dua milenium. Saya tidak akan berpanjang lebar dan hanya akan mengutip beberapa ayat dari Injil Markus dan Matius.

Hakikat Allah adalah ayat yang di bawah ini:

Markus 12:29 Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

Ayat di bawah ini berbicara tentang pembaptisan, bukan Hakikat Tuhan:

Matius 28:19, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.

Apa yang kita ketahui dari agama adalah tafsir atas kenyataan dan kitab suci. Sifatnya memang tidak mutlak. Namun demikian, setiap agama harus mempunyai semangat Sola Scriptura (kembali pada teks) sebelum merambah jauh dalam pengembaraan teologi yang meletihkan dan membingungkan. Injil adalah teks yang paling otoritatif ketimbang kitab-kitab lain dalam Perjanjian Baru, sehingga seharusnya konsep ketuhanan umat Kristiani didasarkan atas kitab tersebut, bukan kitab-kitab lainnya. Pembacaan saya atas Injil memang dibingkai oleh Tauhid yang saya terima dari al-Qur’an, tetapi tidak ada salahnya bagi siapapun untuk mengevaluasi kembali pembacaan mereka atas kitab suci yang mereka yakini.

Advertisements

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. @Gentole

    Ayat di bawah ini berbicara tentang pembaptisan, bukan Hakikat Tuhan:

    Matius 28:19, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.

    ============================================================

    tapi kok seolah-olah ada kesan untuk menyebarkan Injil ke semua bangsa ya?. sedangkan Yesus untuk bani Israel. Kayak bertentangan gitu?. Bisa gak lu lebih menafsirkan lagi?

  2. @wedul
    wah gue bukan evangelist. tapi gue coba cari tau deh.

  3. coba lihat injil johanes ini:
    20:17 “Jangan pegang Aku,” kata Yesus kepadanya, “karena Aku belum naik kepada Bapa. Tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku, dan beritahukanlah kepada mereka bahwa sekarang Aku naik kepada Bapa-Ku dan Bapamu, Allah-Ku dan Allahmu.”

    saya hanya tambahin………
    siapa sebenarnya tuhan menurut yesus.

  4. Al – Qur’an memang selalu benar dari pembicaraan ini sangat meyakinkan bahwa dimasa kedepan akan terjadi diskusi hebat tentang keterkaitan Islam dan Agama yang dibawa oleh nabi Isya.
    Sehingga Alloh akan mengirim kembali nabi Isya ke Dunia untuk meluruskan ajaran yang pernah disampaikan kepada umatnya yang telah dikotori oleh tangan – tangan penghianat.
    Inilah tauhid bagi saya pribadi orang Islam.
    Tapi bagaimanapun Injil Trus d Revisi dari waktu ke waktu itu tidak menutup kemungkinan banyak penambahan dan pengurangan. Apalagi kalau berbicara Trinitas tergantung yang menafsirkan tetapi secara akal saja ditolak kalau saja Tuhan beranak kapan akan pembagian warisan nya.

  5. Agama kristen adalah buatan paulus LaknatuLLah,perjanjian baru bukanlah isi injil tapi surat 2x paulus !kristen berasal dari bahasa yunani bukan bahasa ibrani,sedang yesus adalah orang yahudi yang berbahasa ibrani.!kenapa injil jadi berbahasa non ibrani ?mana injil aslimu ?kaga ada kan ?atau ditiadakan karena injil berbahasa ibrani dengan tegas menyatakan bahwa yesus berdo,a dengan nama ALLAH !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: